Umum

Misteri Alfamart Sering Berdampingan dengan Indomart.

Adin 4 months ago 1.3k

Seiring perkembangan zaman, banyak yang terus berkembang dan berubah. Teknologi, pola hidup sampai dengan pasar. Dulu yang dikenal adalah pasar tradisional. Dan sekarang telah muncul saingan pasar tradisional yaitu pasar modern.

Pasar modern ini mulai dari yang besar, luas yaitu mall-mal besar sampai dengan minimarket yang telah tersebar hampir ke seluruh wilayah tanah air. Indomart dan Alfamart adalah dua pasar modern yang berukuran mini tapi sukses mendatangkan cuan yang berlimpah.

Jika rajin memperhatikan ternyata terjadi fenomena yang unik. Jika dilihat minimarket Alfamart sering berdampingan dengan Indomart. Timbul peribahasa dimana ada Alfamart disitu ada Indomart. Wkwkwk.

Tersebar kabar jenaka yang hanya patut dianggap hiburan belaka. Konon alasan kenapa disitu ada Alfamart pasti ada Indomart adalah karena cerita ini. Dulu ada karyawan Alfamart yang keluar dan merasa sakit hati.

Kemudian dia mendirikan minimarket yang sama dengan Alfamart, namanya Indomart. Kemanapun Alfamart pergi Indomart mengikuti. Sehingga Alfamart tidak bisa leluasa untuk mencari cuan sendirian karena harus bersaing dengan Indomart.

Kehadiran minimarket sering terlihat berdampingan dan dapat tumbuh bersama di sebuah kawasan. Segmen ritel ini memang tumbuh lebih pesat dibandingkan dengan segmen lainnya. Berikut alasan Alfamart sering berdekatan dengan Indomart.

Pertama, untuk menarik pelanggan lebih luas. Alasan utama di balik 'fenomena' ini adalah strategi marketing. Kedua gerai tentu bertujuan agar mereka mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Jadi, mereka akan memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory.

Dengan adanya Indomart dan Alfamart berdekatan, fans keduanya akan berkumpul. Jika tidak ada di Alfa ya tinggal ke Indo. Begitu kira-kira.

Kedua, mengusung keunggulan yang berbeda. Di mata konsumen, Indomaret dan Alfamart mungkin terlihat seperti saudara kandung yang memiliki banyak persamaan. Namun, keduanya mengakui bahwa mereka memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang mengusung keunggulan dari segi harga lebih murah, kapasitas toko lebih luas, pelayanan lebih ramah atau kenyamanan suasana.

Saya pernah mengikuti angsuran asuransi. Ternyata di Alfamart tidak bisa, yang bisa adalah di Indomart. Tetapi ada barang yang lebih murah di Alfa daripada di Indo. Jadi ya saya perlu kedua-duanya sih.

Ketiga, membangun persepsi konsumen. Ketika konsumen datang ke salah satu minimarket, maka para karyawan akan bertugas untuk membangun persepsi positif kepada pelanggan agar datang kembali ke gerai mereka. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masing-masing gerai Indomaret atau Alfamart akan menunjukkan keunggulannya tersendiri untuk memikat hati pelanggan.

Keempat, ternyata bisa hemat dana riset. Alasan Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan juga tidak lain tidak bukan untuk menghemat budget riset. Jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka bisa dipastikan potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau ritel minimarket.

Nah kira-kira itu alasan mengapa Indomart sering berdekatan dengan Alfamart. Mereka memang bersaing tetapi bukan musuh. Malah seperti partner yang bekerja mencari cuan dengan cara saling menguntungkan diantara mereka.

Kita harus berbahagia karena Alfa dan Indo bisa tetap akur walaupun saingan usaha. Mereka tetap bisa berjalan bersama-sama walaupun berusaha dalam bidang yang sejenis. Hal ini patut diapresiasi dan membuat kita tenang dan nyaman.

Oleh karena itu hampir mustahil melihat karyawan Alfa dan Indo bertengkar di depan toko. Malah justru sebaliknya. Bukan tidak mungkin karyawan Indo dan Alfa merupakan teman baik bahwa teman satu kos.

Sangat mungkin mereka bertetangga dan bisa bekerja jadi karyawan Alfa atau Indo karena pemberitahuan dan saran dari temannya tersebut. Jadi ya asyik-asyik saja.

Bagi kita sebagai pelanggan keberadaan Indo dan Alfa sangat membantu. Untuk memudahkan kita berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan harga murah, bersih dan dekat. Di samping belanja kita juga bisa sambil jalan-jalan dan cuci mata. Apalagi depan Alfa maupun Indo sering ada tempat nongkrong yang asyik.

Terjawab sudah mengapa lokasi Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan. Ternyata hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Ada alasan-alasan bisnis yang memang sudah dipertimbangkan oleh pelaku bisnis minimarket yang sudah sama-sama besar di Indonesia.