Sport

Menjelang Berakhirnya Era Messi dan Ronaldo, Siapa Yang Terbaik?.

Jeffand 10 months ago 221.0

Perdebatan siapa yang terbaik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo seolah tidak ada habisnya. Menjelang mulainya musim kompetisi 2023, keduanya sudah meninggalkan Eropa yang dipercaya sebagai kiblat liga-liga terbaik dunia. Messi akan pindah ke Amerika dan Ronaldo sudah sejak Januari kemarin ke Liga Saudi.

Di penghujung karir mereka, keduanya tetap digaji setinggi langit, dikarenakan magnet yang masih begitu besar yang akan menghadirkan pundi-pundi bagi klub mereka, baik dari penjualan tiket atau merchandise semacam kaos dan lainnya.

Keduanya sudah menorehkan beberapa rekor dan jumlah trofi yang sangat banyak baik secara klub dan bagi negaranya masing-masing maupun gelar individu. Hanya ada satu gelar yang dinilai menjadi kekurangan Ronaldo yaitu trofi Piala Dunia.

Sejak Argentina menjadi juara dunia di Qatar 2022 lalu, Messi dinilai sebagai pesepakbola terbaik didunia sepanjang masa, dan dijuluki the Goat, walaupun bagi pendukung Ronaldo tentu Goat mereka tetap Cristiano Ronaldo terlepas Ronaldo belum memenangkan piala dunia atau tidak.

Jika dilihat dari berbagai sisi, sebenarnya membanding-bandingkan pemain satu dan lainnya jelas sesuatu yang tidak masuk akal. Karena setiap pemain mempunyai keistimewaan tersendiri. Keduanya juga bermain di posisi yang berbeda. Ronaldo walaupun awal karirnya menempati posisi sebagai Winger belakangan di Real Madrid menjelma menjadi sosok striker yang mematikan.

Sedangkan Messi menempati sejumlah posisi berbeda mulai dari winger, false 9, striker, dan belakangan di akhir karirnya dan di timnas menempati posisi sebagai gelandang serang.

Keduanya juga bermain dengan kaki dominan berbeda, Ronaldo kaki kanan yang mematikan dan Messi dengan kaki Kirinya yang luar biasa yang dianggap langka karena pemain sepakbola kidal lebih sedikit.

Dalam menjalani kehidupan sepakbola keduanya juga menempuh jalur berbeda, Ronaldo diakui sebagai seorang pekerja keras, dan menjaga dirinya tetap bugar dan fit sebagai seorang atlet dengan berbagai pantangan ketat dan Messi walaupun juga menjaga kondisi fisiknya dinilai sebagai pemain sepakbola yang alamiah atau memang memiliki bakat bermain bola yang orang Argentina bilang diberikan Tuhan.

Keduanya adalah pemain sepakbola yang luar biasa dan tidak bisa dibandingkan satu sama lain. Demikian pula sebenarnya tidak adil untuk membandingkan mereka dengan pemain sepakbola lainnya yang menempati posisi bermain berbeda. Sepakbola adalah olah raga tim dan bukan individu.

Membandingkan Messi dan Ronaldo dengan pesepakbola dari masa yang lain juga sebenarnya tidak tepat. Katakanlah seperti Pele, Maradona, Johan Cruyff karena sepakbola saat itu dimainkan dengan cara berbeda. Seperti beberapa peraturan yang berubah, jenis bola yang dibuat lebih modern sekarang, rumput yang lebih bagus, sepatu yang lebih nyaman maupun pemahaman sepakbola maupun taktik yang sekarang lebih modern.

Sebenarnya diluar kedua pemain itu ada juga banyak pemain sepakbola yang luar biasa katakanlah seperti Ronaldinho, Ronaldo dari Brazil, Zinedine Zidane, Bekcham dan nama-nama di atas tadi. Saat inipun bintang-bintang muda mulai bermunculan seperti Halland dan Mbappe.

Jadi siapa yang terbaik, menurut anda Messi atau Ronaldo? Daripada pusing-pusing lebih baik menikmati permainan sepakbola di saat-saat terakhir mereka bermain. Yang jelas saat keduanya pensiun, dunia sepakbola akan kehilangan mereka.

Salam olahraga.