Sport

Final Ideal dan Akhir dari Cinderella Story Jepang di VNL 2023.

Shibgotalloh Sabilana a year ago 284.0

Mungkin satu hal yang lumayan bikin males di fase knockout VNL yaitu pertandingannya yang tayang tengah malam di Indonesia. Ya efek tuan rumahnya negara eropa. Tapi bukan berarti menyurutkan hype pertandingannya yee.

Apalagi Semifinal kali ini bisa dibilang sesuai prediksi. Empat perwakilan tersisa merupakan negara terkuat saat babak grup. Jepang akan melawan Polandia sementara Amerika Serikat berhadapan dengan Italia.

Kalau ngomongin hype, jujur saja saya lebih excited dengan match Jepang vs Polandia dibanding match satu lagi. Jepang yang tampil luar biasa di babak grup harus berhadapan dengan peringkat 1 dunia sekaligus tuan rumah Polandia.

Sayangnya mimpi buruk menimpa tim Jepang detik-detik sebelum match dimulai. Pemain andalan sekaligus Ace mereka Yuji Nishida terpaksa keluar dari starting line up dikarenakan cedera.

Opposite Hitter cadangan, Kento Miyaura pun masuk menggantikan. Walaupun performa Miyaura tidak kalah mentereng, terbukti saat babak grup Miyaura selalu tampil baik saat diturunkan. Namun tetap saja kehilangan Nishida menjadi kerugian bagi jepang

Di set awal Jepang tampil lebih stabil, Dibanding dengan Polandia yang belum menemukan ritme permainan terbaik mereka. Hal itu membuat Jepang berhasil merebut set pertama

Namun memasuki set kedua Polandia mulai tampil meyakinkan. Lewat pemain andalan mereka Wilfredo Leon, Polandia terus tampil menyerang.

Pada akhirnya Polandia masih terlalu tangguh bagi Jepang dan berhasil lolos ke babak final dengan skor 3-1.

Kekalahan ini pun menjadi akhir dari perjalanan menakjubkan skuad Jepang pada gelaran VNL tahun ini.

Penampilan Jepang memang tampil melebihi ekspektasi semua orang. Bertanding melawan negara-negara kuat lainnya, Jepang mampu menunjukan performa stabil bahkan sejak minggu pertama.

Hasilnya, mereka sanggup meraih 10 kemenangan berturut-turut dan berhasil finish di peringkat dua standing akhir babak grup.

Hasil menakjubkan berlanjut hingga babak knockout. Jepang sukses taklukan Slovenia 3-0. Hal ini membuat Jepang menjadi negara Asia pertama yang berhasil lolos ke babak semifinal VNL putra. Keren.

Hingga pada akhirnya perjalanan Ishikawa dkk terhenti ditangan Polandia.

Di babak final Polandia akan ditantang oleh Amerika Serikat yang secara mengejutkan menang mudah kala berhadapan dengan Italia.

Off performnya para pemain Italia ditambah blocker Amerika yang tampil solid membuat mereka menang mudah dengan skor 3-0.

Walaupun Jepang menjadi juara di hati para penonton dan Italia yang banyak diprediksi sebagai calon kuat juara, Tapi bagi saya Polandia vs Amerika akan menjadi final ideal.

Amerika yang terus tampil stabil dan sukses menjadi pemuncak klasemen di babak grup mempunyai skuad yang merata di berbagai posisi.

Sedangkan Polandia sang peringkat satu dunia akan mendapatkan keuntungan lebih karena tampil di depan pendukungnya sendiri. Para pemain andalannya seperti Wilfredo Leon dan Bartosz Kurek terus tampil baik.

So pertandingan ini sudah pasti menjadi pertandingan yang menarik ditunggu.

Jadi siapa yang layak menjadi juara?

Gambar: volleyballworld