Spiritual

Tuhan Rancangan Mu Besar, Tuhan Rancangan Mu Benar.

Bagong Setya a month ago 545.0

Saat aku sedang risau, inilah doa yang kupanjatkan

Tuhan dalam keleluasaan dan kekebasan memilih untuk bertindak apa pun dalam hidup ini tuntunlah, berkatilah, jagalah dan payungilah aku dengan naungan perlindungan dan pengayoman MU.

Setelahnya, ini rangkaian kalimat yang terdengar dalam kalbu:

Janganlah takut dan gelisah hatimu anak KU. Seluruh peristiwa dalam kehidupanmu hingga perjumpaanmu dengan orang-orang yang KU hadirkan dalam hidupmu adalah bagian dari rencana KU yang hendak KU terapkan untuk dunia ini, dimana KU pilih dan KU tetapkan kamu untuk menjadi salah satu pemeran di dalamnya.

Aku melatihmu dan membekalimu untuk peran yang akan kau mainkan di bumi ini, sebagai bagian dari rencana besar KU, rancangan kasih karunia untuk seisi dunia ini dalam putaran waktu sejarahnya hingga misteri masa depan berikutnya.

Perihal kamu belum sepenuhnya paham dengan rencana KU, jangan pedulikan dan terlalu risau akan hal itu. Cobalah lihat komentar orang yang membaca tulisan mu pun sependapat bahwa kamu masih terlalu bego untuk bisa memahami segala sesuatu tentang AKU yang menciptakan kamu. Kalau kamu masih bego, ini hal yang wajar kok, lumrah dan bisa dimaklumi.

Yang penting, sekarang pahamilah bahwa semua situasi yang kamu hadapi saat ini baik adanya, ada tujuan dan skenario besar KU di dalamnya. percayailah itu, mantaplah dengan itu.

Bila disederhanakan, yang AKU minta jalanilah semuanya, segala peristiwa, semua situasi dan beragam perjumpaan, dalam keadaan kamu bangun dan sadar sepenuhnya. Bahasa kerennya awareness, conscious hingga mindfulness, here and now.

Lalu kamu pun akan bisa mendeteksi kehadiran KU di balik segala kejadian dan peristiwa, di balik semua perjumpaan mu dengan orang-orang yang kuhadirkan dalam hidupmu mulai dari yang kau cinta, hingga orang yang kau benci alias sebel.

...dan perlahan-lahan kamu semakin paham cara KU bekerja mencipta dan membaharui dunia ini yang tak pernah henti AKU lakukan, gegara manusia KU beri kehendak bebas, freewill dalam menentukan pilihan yang ia ambil dalam hidupnya.

Ada yang bikin kacau, ada yang tak henti-henti berusaha meluruskan dan menyelaraskan. Dua sisi kekuatan ini yang terus saling bertumburan tiada henti, jadilah ruwetnya manusia yang masih saja ya bisa dipahami dan dimaklumi. Maklumlah manusia ya memang begitu.

Namun, sederhanakan saja cara berpikirmu, dan pahamilah bahwa AKU yang menciptakan kamu, senantiasa hadir dalam setiap peristiwa yang kau hadapi. Terimalah itu sebagai kenyataan, lalu kerjakanlah dan bereskanlah segala jenis tantangan dan peluang yang ada dalam jangkauan, dengan tangan, hati dan pikiranmu. Semua akan baik-baik saja dalam perlindungan KU.

Kamu juga nanti akan mengerti, kenapa AKU panjang sabar dan memberikan pengampunan tak terbatas, ya agar manusia yang AKU ciptakan bisa sadar dan mengerti lalu menata dirinya kemudian menyesuaikan diri dengan rancangan besar KU.

Setibanya manusia pada tahap sadar dan mengerti, selanjutnya ia akan bekerja bersama-sama dengan KU, menjadi mitra KU dalam menyalurkan kasih karunia KU kepada umat manusia yang AKU kasihi. Lewat berbagai peran, kiprah dan karya mereka di muka bumi ini.

Mantaplah mengikuti hidup yang terbalut misteri masa depan ini dengan damai dan sejahtera di hati, karena apa pun yang KU perhadapkan kepadamu tak ada yang dapat menyakitimu, karena AKU selalu beserta mu.

Ingatlah bahwa AKU bersama dengan kamu di dalam setiap jalan yang kamu lewati, mulai dari jalan yang disebut mudah, sedang hingga rumit dan berbahaya sekalipun. Pada semua situasi itu tetaplah dalam keadaan sadar dan terhubung dengan KU.

Terapkan dan gunakan semua perangkat dan sumberdaya yang sudah KU lekatkan bersama dalam dirimu, lalu kenali semua penunjang di luar diri kamu, setel dan sesuaikan dengan pas maka semua akan baik-baik saja dalam restu dan rahmat KU. Dalam bahasa sederhana yang sudah pernah kamu rumuskan

Gathuk-Mathuk, Noto Njero-Nglaras Njobo, Nglaras Njero-Noto Njobo

kurang lebih artinya cocok dan pas sesuai, menata yang di dalam menyelaras dengan yang di luar, bisa menyeleraskan yang di dalam baru kemudian bisa ikut menata yang di luar.

```youtube

Mh_LkIWdBgQ

```

Lirik lagu: Bagong Setya

Aransemen: Indra Wave

Penyanyi: Sovi Soetedja - Wesinger

Tuhan, Rancangan MU besar

Tuhan, Rancangan MU benar

Semuanya, tertata

Indah urutannya

Menjadi kebaikan

Untuk semua

Dan hidupku sedang mengalaminya

Tuhan tuntun aku ikhlas menjalaninya

Kusiapkan hatiku, turut kehendak MU

Tuhan Rancangan MU besar

===

Inspirasi

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Yeremia 29:11 sumber

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. Yesaya 55:8-9 sumbe

Manungsa Winenang Ngudi, Purba Wasesa ing Astane Gusti (manusia berusaha, Tuhan yang menentukan) sumber