Politik

Lucu, Sekelas Menteri ESDM Merasa Dibohongi Investor Smelter.

Xhardy a month ago 425.0

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan selama ini banyak sekali realisasi pembangunan investasi smelter bauksit yang jauh dari target. Bahkan, dia bilang pemerintah seperti dibohongi oleh investor.

Dia kasih contoh, ada satu investor yang melaporkan realisasi pembangunan smelternya sudah berjalan sekian persen. Tapi pada saat pengecekan di lapangan, ternyata bangunan yang baru selesai cuma lapangan bola dan pos hansip saja.

"Kan selama ini kan seperti dibohongi aja kita iya kan? Katanya udah sekian persen ternyata lapangan bola, sama pos hansip," kata Arifin.

Menurut dia investor harus lebih serius soal pembangunan smelter. Dia mengatakan pemerintah akan rutin melakukan pengecekan secara langsung ke beberapa smelter.

Antara sedih dan lucu.

Kalau pemerintah memang merasa tertipu oleh klaim investor, ini artinya pemerintah tidak berwibawa, kurang tegas dan seolah bukan orang penting. Investor berani mempermainkan pemerintah, ini tandanya pemerintah tidak disegani dan dihormati.

Dengan begini, kementerian mana yang harus bertanggung jawab? Kementerian investasi? Dalam pemberian ijin, pasti ada syarat dan perjanjiannya beserta konsekuensi jika perjanjian tidak berjalan sesuai rencana. Bisa dikatakan, pengawasan terhadap realisasi investasi sangat lemah. Tapi karena ini kerjaan pemerintah, maka tidak heran sih, hehehe.

Dan ada satu komentar yang sangat menohok, tapi sangat lucu. Netizen ini bilang, enak gak dibohongi? Begitulah perasaan rakyat yang dibohongi dan dipermainkan pemerintah selama ini. Gak enak, kan?

Atau ada komentar begini, kementerian negara kalah pintar dari investor sehingga bisa dibohongi. Sekelas menteri merasa dibohongi, ini parah sekali.

Begitu tahu yang dibangun cuma sekadar lapangan bola dan pos hansip, apa tindakan selanjutnya? Apakah cuma kesal dan geram? itulah kenapa investor-investor berani mempermainkan pemerintah, karena tidak mungkin tidak ada ketegasan.

Tapi melihat kondisi negara saat ini, tidak mengherankan sih. Sekelas presiden aja jadi bulan-bulanan masyarakat seolah wibawanya luntur. Kalian mau nangis karena sedih atau tertawa karena lucu, silakan kalian pilih deh.

Di tahun 2024, wibawa pemerintah seolah tidak ada harganya lagi. Bahkan masyarakat sendiri saja sudah banyak yang pesimis dan skeptis dengan pemerintah yang manuvernya sangat membingungkan. Begitu dibohongi investor, komplit sudah.

Apalagi banyak investor asing yang lebih memilih negara tetangga sebagai tempat untuk menanamkan modal, ini pertanda pemerintah dan negara ini tidak begitu dianggap serius. Nilai jual sangat rendah, banyak yang memandang sebelah mata.

Bagaimana menurut Anda?